Persiapan Sebelum Bermain Futsal

Sponsored Link
space iklan

Persiapan Sebelum Bermain Futsal


Tutorial Futsal - Kalau anda mau bertanding, apakah itu hanya untuk rekreasi, sparing atau bertanding dalam turnamen/kompetisi futsal, tentunya perlu persiapan yang matang untuk menunjang performa anda saat bermain futsal agar tetap prima. Pada kesempatan kali ini tutorial futsal akan membahas tentang Persiapan Sebelum Bermain Futsal dan berikut ini merupaka langkah-langkah yang harus dilakukan :

Persiapan FIsik
Fisik merupakan kunci utama dalam olahraga, dengan fisik yang kuat kita bisa bermain futsal dalam waktu yang lama tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Bagi anda yang memiliki gangguan kesehatan seperti gnangguan jantung sebaiknya tidak melakukan olahraga futsal, karena Futsal termasuk olahraga berat tapi bagi anda yang tidak memiliki gangguan jantung juga wajib melakukan persiapan sebelum bermain futsal supaya performa kita dilakapangan futsal tetap prima.
Hal yang perlu anda lakukan sebelum bermain futsal :

1. Perhatikan asupan makanan sebelum bertaning
Kalau kita akan menghadapi sebuah pertandingan futsal, 2 jam sebelum pertandingan konsumsilah makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan vitamin yang cukup supaya pada saat akan bertanding kita memiliki energi segar.

2. Hindari mengkonsumsi makanan berat
Hindarilah mengkonsumsi makanan berat 1 jam sebelum pertandingan, karena sistem metabolisme tubuh tidak akan mampu mencerna makanan dalam waktu satu jam dan hal ini akan sangat mengganggu permainan anda. Sebaiknya anda mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung serat seperti pisang atau apel supaya lebih mudah dicerna dan dijadikan sumber energi untuk bermain futsal.

3. Hindarilah Minuman Berenergi
Persiapan bagi sebagian orang meminum minuman bernergi sebelum bermain futsal mungkin adalah suatu keharusan, tapi tidak menurut pandangan saya. Karena minuman berenergi ini banyak mengandung kafein yang akan membuat jantung kita bedegup cepat dan bukan energi yang didapat, yang ada malah akan cepat lelah.

4. Lakukan Pemanasan yang Cukup
Lakukanlah pemanasan setengah jam sebelum bertanding, supaya suhu tubuh kita meningkat,  meminimalisir terjadinya cedera dan kita lebih cepat mendapatkan second wind. Persiapan ini juga akan sangat menunjang performa kalian saat Bermain Futsal.

Persiapan Mental
Mental juga sebenernya bisa disebut sebagai kunci utama dalam olahraga, karena dengan mental yang kuat, seberat apapun beban dan sehebat apapun tekanan saat bertanding akan mampu kita atasi apabila kita memiliki mental yang kuat. mental kuat dalam olahraga biasa juga disebut dengan mental juara. Untuk itu lakukan persiapan mental dengan langkah-langkah dibawah ini :

1. Persiapkan fisik dengan sungguh-sungguh dengan Penerapan Latihan Fisik Futsal, karena fisik sangat menunjang mental yang kuat.

2. Alihkanlah Fikiran kita dari futsal 2 jam sebelum pertandingan.
Kenapa demikian? Kalau anda membayangkan pertandingan sebelum pertandingan sesungguhnya, otak akan mensimulasi dan melibatkan seluruh syaraf tubuh. otak akan menganggap peristiwa sungguhan, dan akhirnya otak akan mengalami kekalahan sebelum bertanding. Pemain yang selalu membayangkan pertandingan biasanya pada saat masuk ke lapangan, pemain itu akan mengalami demam panggung, fisik, tekhnik bermain futsal, maupun mental tidak akan keluar dalam situasi seperti ini.

3. Jaga Sikap Sebelum Bertanding
Kalau seluruh Persiapan kita sebelum Bermain fusal sudah dirasa baik teruslah bersikap tenang agar kita tidak gugup saat bermain.

Itulah bahasan tentang Persiapan Sebelum Bermain Futsal, semoga bermanfaat buat Futsal Lovers diseluruh Indonesia.











space iklan
  1. terimakasih untuk informasinya dan silahkan kunjungi web kami
    http://mitoha-goldengamat.com/
    http://obatkelenjargetahbening.xyz/

    BalasHapus