Sejarah Tentang Olahraga Futsal

Sponsored Link
space iklan

Olahraga Futsal merupakan olahraga yang perkembangannya sangat pesat diseluruh dunia terutama di Amerika Selatan khususnya di Negara Brazil. Kepopulerannya kini hampir menyamai sepakbola dan basket. Di Indonesia sendiri olahraga ini benar-benar sudah berkembang pesat, itu terbukti dengan menjamurnya lapangan futsal dimana-mana. Kalau anda mengaku sebagai penggemar futsal tentunya anda juga wajib mengetahui asal usulnya sejarahnya.

Sejarah Tentang Olahraga Futsal
Juan Carlos Ceriani
Olahraga yang satu ini diciptakan pada tahun 1930 di Montevideo ''Uruguay'' oleh seorang pelatih sepakbola yang bernama Juan Carlos Ceriani.  Pada awalnya dia hanya memindahkan latihan sepakbola kedalam ruangan karena waktu itu kondisi lapangan licin setelah diguyur hujan deras. dan Juan merasa latihan didalam rungan itu sangat efektif dan pada akhirnya setelah kejadian tersebut Juan mencetuskan ide sepakbola ruangan ''Futsal'' yang dilakukan 5 lawan 5 pemain, dan ternyata respon dari masarakat seluruh Amerika Selatan sangat antusias sekali.

 Nama Futsal itu sebenarnya merupakan gabungan 2 kata yang berasal dari bahasa spanyol yakni futbol (Sepakbola) dan sala (Ruangan) dengan artian Futsal itu adalah Sepakbola yang dilakukan didalam ruangan. Sejarah juga mencatat Piala Dunia Futsal sudah berlangsung selama 7 kali penyelenggaraan dan diselenggarakan diberbagai belahan dunia. Piala Dunia Futsal pertama kali diselenggarakan di Amerika Serikat pada December 1985 yang bertempat di Futsal The Rule of The Game  Rohnert Park, California.

Olahraga ini merupakan modifikasi dari sepakbola, secara garis besar modifikasi tersebut dapat dilihat  dari segi peraturan permainan dan Ukuran Lapangan yang kecil dibandingkan sepakbola dan jumlah pemain yang berbeda.
space iklan